Post

Diskominfo Gresik Sinergikan LPS dan LPPL Radio

01 April 2021 by Super Administrator

Diskominfo Gresik Sinergikan LPS dan LPPL Radio

Sinergikan LPS dan LPPL Dinas Kominfo Gresik menggelar Fokus Group Discussion (FGD) dengan tema “Meraih Peluang Sinergitas dan Upaya Membangun Kolaborasi LPS dan LPPL” dan Dalam rangka memperingati Hari Penyiaran Nasional yang ke-88 di Ballroom Hotel Horisson GKB (4/1).
Acara dihadiri oleh narasumber dari Suara Surabaya Imam Dwihartanto (Manajer Program Radio Suara Surabaya, Announcer Radio Suara Surabaya), dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (Provinsi Jawa Timur Afif Amrullah (Ketua KPID Provinsi Jatim), Direktur Eksesutif Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia Aries Widoyoko juga menjabat sebagai Direktur Radio Suara Sidoarjo dan Anggota DPRD Gresik.

Dalam Kesempatan Ini Ketua KPID Jatim Menyampaikan bahwa Tantangan untuk penyiaran saat ini adalah bagaimana radio dapat berdampingan dengan dunia digital (konvergensi media). Kewenangan KPI masih pada radio yang penyiarannya masih berbentuk frekuensi. Suara Gresik memang tidak kebagian frekuensi sebagai dampak padatnya kanal di Surabaya. Namun peluang sangat terbuka ke depannya karena sedang proses migrasi dari analog ke digital, karena informasinya mulai 22 November 2022 analog akan being switched off.


Sementara Bapak Aries Widoyoko Selaku Manajer Program Radio Suara Sidoarjo Yang Juga Wakil Ketua Assosiasi LPPL Radio Jatim Menjelaskan Bahwa LPS (Lembaga Penyiaran Swasta) bebas bekerjasama dengan siapa saja, tetapi LPPL harus dengan lembaga plat merah. Tatapi yang dibatasi adalah penyiaran yang broadcasting, sehingga memungkinkan untuk melakukan kerjasama dalam hal lain seperti berupa event, bukan siaran frekuensi. Dan berharap Kedepannya tidak hanya siaran dengan FM saja karena semuanya akan mengarah ke digital, termasuk televisi. Inti dari strategi penyiaran ini adalah untuk memajukan industri penyiaran di tanah air.


Bapak Imam Dwihartanto selaku Manajer Program siaran Suara Surabaya Menambahkan Bahwa Bentuk kerjasama harus mempunyai SDM dan informasi yang dibagikan antara LPS Dengan (LPPL).


Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kab Gresik Yang Hadir Juga Sangat Mendukung Dinas Komunikasi Dan Informatika Gresik Melalui LPPL Suara Gresik. Agar Terus Maju Dan Berkembang Kedepannya.


Bapak Budi Raharjo Selaku Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Gresik menutup dengan harapan LPS dan LPPL dapat berdampingan dengan dunia digital. Kolaborasi juga diperlukan sebagai salah satu strategi eksistensi lembaga penyiaran. Untuk kerjasama baiknya memang harus memiliki visi dan misi yang sama. Dan inti dari semuanya adalah berkolaborasi untuk memajukan penyiaran di tanah air.(Fv)