Post

Tingkatkan peran jurnalistik, Dinas Kominfo Gresik hadiri Workshop Bakohumas di Surabaya

11 Juli 2018 by Super Administrator

Tingkatkan peran jurnalistik,  Dinas Kominfo Gresik hadiri Workshop Bakohumas di Surabaya

Dalam rangka meningkatkan peran penyebarluasan informasi, dinas komunikasi dan informatika kabupaten gresik hadiri Workshop Bakohumas yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur di Aula Kantor Dinas Kominfo Prov Jatim, agar dapat bersinergi dalam mempublikasikan keberhasilan pembangunan perlu dibekali dengan keterampilan di bidang jurnalistik. Selasa (10/18).

Workshop bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kehumasan khususnya dalam bidang penulisan berita serta fotografi dan video jurnalistik.

Kepala Dinas Kominfo Prov Jatim Eddy Santoso, melalui Kasie Kemitraan Komunikasi Publik Sofia Kurniawati, saat membuka acara mengatakan, Workshop Bakohumas kali ini adalah upaya pengembangan kapasitas kehumasan pemerintah.

“Mengingat peran kehumasan pemerintah yang saat ini semakin berat dan menuntut kehumasan agar mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman,” katanya.

Dengan peran yang begitu sentral, kehumasan pemerintah harus menyiapkan diri untuk menghadapi kondisi ini jika tidak ingin tertinggal. Seperti kita ketahui, perkembangan teknologi informasi dan kemajuan demokrasi telah membuat arus informasi mengalir begitu deras.  Masyarakat butuh informasi yang tidak hanya tepat dan akurat tapi harus cepat dan mudah dimengerti.

Untuk itu, pemerintah harus segera merespon keinginan masyarakat ini dengan informasi yang cepat, tepat, obyektif dan berkualitas. Jika tidak, pemerintah akan selalu dipandang lamban dalam merespon keadaan.

“Masyarakat informatif adalah masyarakat yang menggunakan media dengan baik. Baik media konvensional seperti internet maupun media sosial dan media siber,” tutur Sofia.

Pada kesempatan ini, dihadirkan narasumber dari dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur itu sendiri, yang akan memberikan paparan tentang  bagaimana teknik menulis  berita dan membuat Foto Jurnalistik.

Narasumber kedua adalah Tips dan Video Jurnalistik yang disampaikan oleh Pimpinan NET TV Biro Jawa Timur yang akrab disapa Cak Su.

Kedua materi ini penting bagi SDM Dinas Kominfo Gresik untuk mendukung peran serta aktif Kabupaten Gresik dalam ketersediaan data/informasi kehumasan yang saat ini sedang dikembangkan dalam website gresikkab.go.id dan website lainnya oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik. (evi)